Hubungi kami Telp. HP - Line - WA. 0856 4223 7686 - 0852 9090 3595 - Mebel Jati Jepara Ukiran dan Minimalis Modern
 
Partner
Pengunjung
Flag Counter

Furniture Tips

Memilih Warna Interior Furniture Dekorasi Rumah Minimalis Modern
Friday, 10 Juny 2016 | 16:35 WIB
By : Admin MEKA 1 - view : 1825

Memilih kombinasi warna pada interior furniture merupakan refleksi langsung dari kepribadian kita. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya warna dapat mempengaruhi suasana hati dan pikiran kita. Warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang dalam banyak hal, tergantung pada usia, jenis kelamin, latar belakang, etnis dan iklim. Sebagian warna tertentu cenderung akan mendapatkan reaksi yang sama dari kebanyakan orang.

Tidak seperti dahulu kala ketika warna pada interior furniture yang cenderung hanya punya satu pilihan warna yaitu warna natural yang menampilkan keindahan serat kayunya secara transparant, serta tidak berlapis – lapis dalam pemilihan warna, trend yang berkembang saat ini pada interior furniture cenderung ke warna finishing system duco dengan pilihan yang dof ataupun glossy yang cerah dengan keanekaragaman warnanya, seperti : putih, pink, merah, kuning, hijau dan lain – lain.

Perlu diketahui bahwa setiap warna memiliki nilai psikologis, yang dapat mempengaruhi emosi, dan memberikan ketenangan pada suatu waktu. Agar tercipta harmony di ruangan anda, pilihlah warna dengan bijaksana. Terlalu banyak warna dapat membuat ruangan terlihat berantakan. Pada interior furniture yang berwarna terang akan membuat ruangan tampak lebih ceria, dan lebih terang. Sedangkan interior furniture yang berwarna gelap akan memberikan kesan elegant dan mewah.

Untuk itu, dalam menentukan pilihan warna pada interior furniture haruslah mengacu pada hal berikut ini :


1.    Penerangan

 

Aspek yang penting dari dekorasi interior furniture adalah penerangan / pencahayaan. Cahaya dapat merefleksikan dalam pengalihan warna, sehingga dapat mempengaruhi warna interior furniture tersebut. Jenis dan jumlah cahaya di ruangan akan memiliki dampak yang signifikan pada skema warna. Contoh : Lampu pijar memancarkan merah dan kehangatan, lampu neon membuat pancarannya terlihat lebih dingin dan terang. Refleksi dari penerangan tersebut dapat memancarkan hal yang berbeda pada langit – langit rumah anda, dan juga interior furniture yang kita miliki.


2.    Pemilihan Warna Furniture

 

Untuk menginginkan kesan mewah dan elegan maka interior furniture dari Jati dapat memakai warna seperti dibawah ini:


  • Natural

Warna natural masih dicari bagi sebagian orang yang menginginkan kesan klasik, elegan dan mewah karena masih memperlihatkan serat kayu tersebut. Interior furniture yang sesuai untuk warna alami adalah untuk kamar mandi, dapur, ruang makan.

  • Finishing Wash

Jenis ini adalah warna yang memberikan efek pudar seolah telah dicuci.


  • Rustic

Warna rustic merupakan warna dengan system finishing yang terkesan lawas.


  • Recycle

Dapat dikatakan sebagai warna yang telah didaur ulang dengan tipe finishing yang lebih menonjol.


  • Patina

Patina merupakan warna yang terlihat setelah proses pelapukan terjadi, yang dapat mengesankan keantikan dan kelawasan.

 

Sedangkan untuk jenis interior furniture dari mahoni yang memakai warna duco dan menginginkan kesan ceria dan minimalis, dapat memakai warna – warna dibawah ini:

 

  • Warna Merah

Merah dapat meningkatkan energy pada suatu ruangan. Kesan kuat yang ditampilkan pada warna ini dapat kita terapkan pada interior furniture untuk ruang tamu.

 

  • Warna Kuning

Warna ini adalah pilihan yang sangat baik untuk penggunaan interior furniture pada dapur, ruang makan dan kamar mandi, karena terdapat energy dan semangat pada warna tersebut. Namun, meskipun warna kuning adalah warna yang ceria, warna ini juga diyakini dapat merangsang saraf.

 

  • Biru

Secara psikologis, warna biru dapat menurunkan tekanan darah, menenangkan system pernafasan, dan pengaturan detak jantung. Itulah sebabnya biru dianggap menenangkan, membuat santai dan tenang. Interior furniture yang sesuai adalah untuk penempatan kamar tidur dan kamar mandi.



  • Hijau

Hijau dianggap sebagai warna yang paling tenang untuk mata. Warna ini hampir sesuai untuk setiap ruangan di rumah anda. Hijau juga memiliki efek menenangkan bila digunakan sebagai warna utama untuk dekorasi. Hal ini diyakini untuk menghilangkan stres sehingga membantu orang agar lebih rileks.


  • Warna Netral (hitam, abu-abu, putih dan coklat)

Warna hitam, putih, abu – abu dan coklat adalah warna yang fleksibel untuk penempatan di ruangan kita pada interior furniture. Sementara netral mungkin tampak aman, ada banyak manfaat untuk menggunakan warna ini pada interior furniture anda. Warna ini dapat menyatukan gaya yang ada di ruangan rumah.

 

Sebagian dari kita hanya mengikuti trend ketika memilih warna pada interior furniture tanpa mempertimbangkan keinginan kita sendiri. Pilihlah warna yang sesuai dengan karakter dan kepribadian kita. Jika menginginkan kesan yang cerah pada interior furniture, maka warna duco merupakan warna yang sesuai karena dapat memberikan kesan cerah, elegan dan simple. Konsep warna duco yang warna – warni biasanya untuk furniture minimalis dari kayu mahoni, karena karakter dari kayu tersebut yang halus dan cocok untuk jenis warna tersebut. Sedangkan untuk kesan elegan dan mewah dapat memilih interior furniture dari jati dengan warna yang natural, rustic, dan lain - lain.

 

 

Artikel Terkait