Hubungi kami Telp. HP - Line - WA. 0856 4223 7686 - 0852 9090 3595 - Mebel Jati Jepara Ukiran dan Minimalis Modern
 
Partner
Pengunjung
Flag Counter

Furniture Tips

Keunggulan Furniture Jepara Dibandingkan Yang Lain
Thursday, 28 July 2016 | 11:23 WIB
By : Admin MEKA 1 - view : 1042

Ketika memilih furniture untuk desain interior sebuah hunian tentu yang dipikirkan pertama kali adalah tema atau konsepnya. Apakah mau hunian dengan tema minimalis dengan desain yang modern atau semi-futuristik, apakah berminat dengan desain ala Eropa yang mengedepankan kesan yang elegan, klasik, tapi juga timeless dan eksklusif, atau desain tradisional yang banyak mengandalkan furniture dengan bahan kayu dengan hiasan-hiasan ukiran khas daerah dan didominasi oleh warna-warna alam yang lembut dan menyejukkan. Untuk urusan furniture dengan konsep tradisional sudah jadi pengetahuan umum jika furniture asal Jepara adalah gudangnya furniture dengan konsep tradisional. Jepara yang merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah menjadi pusatnya furniture kayu jati berkualitas tinggi dengan keindahan ukiran yang sudah terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Sebenarnya apa yang membuat furniture kayu buatan Jepara unggul di pasaran?


Kualitas kayu yang digunakan

Industri furniture di Jepara kebanyakan dilakukan secara handmade alias buatan tangan sehingga kualitas produksi yang dihasilkan memiliki quality control yang sangat baik mulai dari pemilihan bahan materialnya. Kayu yang digunakan untuk membuat furniture di Jepara hanya menggunakan kayu keras berkualitas tinggi seperti misalnya kayu jati, kayu mahoni, dan kayu kamper. Dari kayu keras dibuatlah perabotan dengan kekuatan yang bagus sehingga tidak mudah terjadi pelapukan dan tentunya meningkatkan nilai estetika rumah tradisional Anda.


Awet hingga berpuluh-puluh tahun

Karena menggunakan bahan material kayu yang berkualitas tinggi dan keras, artinya pori-pori permukaan kayunya sangat rapat, maka furniture asal Jepara lumayan awet untuk digunakan. Ditambah dengan proses finishing yang tidak hanya membuat furniture tampak mengkilap namun mencegah kayu ditumbuhi jamur atau dimasuki oleh rayap. Untuk mendapatkan bahan kayu yang berkualitas, pengrajin Jepara tidak ragu untuk mendapatkan bahan baku material dari kota lain yang tentu berdampak pada harga jual dari furniture Jepara.


Pengrajin yang profesional

Salah satu faktor langgengnya produksi furniture di Jepara adalah ilmu yang diturunkan secara turun temurun. Masing-masing pengrajin furniture di Jepara sudah mendapatkan ilmu dari pendahulunya untuk tetap menjaga kualitas produk meski saat ini bahan material yang berkualitas tinggi semakin sulit untuk ditemukan karena lahan yang diubah menjadi lahan pemukiman dan sebagainya. Ukiran-ukiran yang dibuat juga memiliki nilai seni yang tinggi dengan detail yang mengagumkan dan pengerjaan yang mulus. Konsumen juga bisa melakukan pemesanan dengan desain yang dikehendaki sehingga furniture yang dibuat eksklusif dan tidak ada duanya.


Memiliki ciri khas ukiran

Ekslusifitas dari furniture Jepara tidak hanya terletak pada pemilihan bahan dan pembuatannya saja yang berkualitas tinggi, namun juga terletak pada ukirannya. Ukiran yang terdapat pada furniture buatan Jepara memiliki ciri khas yang membedakannya dengan furniture dari tempat lain. Ciri khas ukiran dari Jepara ini dihasilkan oleh para seniman ukir yang menambah nilai furniture menjadi lebih tinggi bahkan tidak jarang furniture antik asal Jepara dihargai dengan nilai yang fantastis. Meskipun sifatnya tradisional, namun masih sangat relevan digunakan di jaman yang modern ini bahkan bisa menjadi sarana bagi generasi kita sekarang untuk melestarikan kebudayaan tradisional Jawa Tengah.


Memiliki pasar internasional

Negara-negara yang banyak mendatangkan furniture Jepara alias impor adalah Cina, dan beberapa negara di Eropa. Furniture Jepara juga sudah mulai masuk ke pasar Amerika dan terus berkembang. Artinya, banyak sekali peminat furniture asal Jepara ini karena memang kualitasnya yang sangat baik dan bernilai seni tinggi.

 

 

Artikel Terkait