Hubungi kami Telp. HP - Line - WA. 0856 4223 7686 - 0852 9090 3595 - Mebel Jati Jepara Ukiran dan Minimalis Modern
 
Partner
Pengunjung
Flag Counter

Furniture Tips

Tips Memilih Furniture untuk Kamar Tidur anak-anak
Tuesday, 7 Juny 2016 | 10:08 WIB
By : Admin meka 1 - view : 939

Sebagai orangtua tentu kita ingin memberikan furniture yang nyaman, aman, dan indah pada anak, terutama untuk kamar tidur mereka. Seperti kita ketahui, kamar anak adalah tempat terbaik untuk anak-anak untuk belajar, bermain, dan beristirahat. Maka hal ini akan sangat menyenangkan bagi kita dalam memilih jenis furniture pada mereka untuk memberikan yang terbaik.
 
Dalam memilih furniture untuk anak mintalah pendapat dari mereka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar sesuai dengan keinginan mereka sehingga akan membuat mereka bahagia dan nyaman. Interaksi dalam pemilihan furniture pada anak dengan cara menanyakan warna apa yang disukai anak, bentuknya,  dan lain – lain.
 
Saat ini banyak model dan jenis furniture anak yang ditawarkan dengan warna dan bentuk yang sangat beragam. Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih furniture terbaik bagi anak.  Berdasarkan hal tersebut, hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang bentuk furniture anak-anak adalah sebagai berikut:

1.   Hindari Pemilihan Bentuk Sudut Furniture yang Tajam
Bentuk furniture dengan sudut yang tajam harus dihindari untuk mencegah terjadinya hal yang mungkin fatal dikemudian hari. Hal ini dapat disisasati dengan bentuk sudut furniture yang oval atau melengkung agar lebih aman.
 
2.   Ketahanan dan Stabilitas Bahan Furniture.
Furniture merupakan material yang terbuat dari bahan padat yang akan memiliki keseimbangan dan kekuatan konstruksi yang baik. Jenis-jenis bahan furniture saat  ini sangat bervariasi. Selain kayu, terdapat bahan lainnya seperti : besi, baja, aluminium, bahan plastic dan juga rotan. Tekstur furniture harus membawa rasa nyaman bagi anak. Berbagai jenis tekstur seperti kasar, halus atau licin akan memperkaya variasi tekstur untuk anak-anak. Namun, keamanan tekstur furniture lebih diutamakan agar tidak melukai kulit pada anak.
 
3.   Pemilihan Warna Furniture
Harus mempertimbangkan warna dalam pemilihan furniture karena warna dapat mempengaruhi psikologis anak. Warna lembut pada furniture dapat memberikan efek tenang dan nyaman. Lain halnya dengan warna cerah yang akan membuat suasana hati anak lebih semangat.
 
4.   Pemilihan Model Furniture

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Pemilihan model furniture. Kita dapat memilih model furniture sesuai selera anak yang lucu dengan berbagai karakter dan warna, ataupun memilih model furniture yang bergaya klasik agar dapat digunakan secara awet dan dapat digunakan sampai anak remaja. Karena, model klasik lebih fleksibel sampai tahun – tahun selanjutnya.
 
5.   Kenyamanan dan Keamanan

Pilihlah furniture yang nyaman berdasarkan proporsi tubuh dan perilaku anak tersebut. Furniture yang nyaman akan memberikan efek yang sangat positif pada kesehatan fisik dan psikologis penggunanya. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah keamanan furniture tersebut. Yang perlu kita lihat adalah bahan dan bentuk furniture itu sendiri. Bahan dan jenis furniture yang ditawarkan tidak semuanya aman dan direkomendasikan untuk anak-anak. Misalnya: pemilihan bentuk hindari yang lancip dan tajam, ataupun bahan furniture dari logam juga tidak dianjurkan, karena logam jauh lebih berbahaya daripada furniture dari kayu. Logam dapat menghantar panas untuk listrik yang dapat membahayakan. Selain logam, hindari pula furniture dari bahan kaca. Terlebih jika anak masih balita, penempatan furniture dengan kaca dapat menyebabkan potensi bahaya bagi keamanan anak karena mudah pecah atau retak.
 
Demikian tips praktis yang dapat Anda terapkan dalam memilih furniture yang tepat untuk anak-anak Anda. Dengan sedikit usaha dan pemikiran yang mendalam maka anak Anda akan lebih nyaman dalam bermain, belajar serta beristirahat di kamar tidurnya.

Artikel Terkait