Hubungi kami Telp. HP - Line - WA. 0856 4223 7686 - 0852 9090 3595 - Mebel Jati Jepara Ukiran dan Minimalis Modern
 
Partner
Pengunjung
Flag Counter

Furniture Tips

Keunggulan Kayu Jati untuk Furniture
Monday, 6 Juny 2016 | 18:49 WIB
By : Admin meka 1 - view : 1777

Kualitas dari suatu produk furniture dapat dilihat dari jenis kayu yang digunakan. Hal ini dapat dilihat dari konstruksi furniture tersebut dan juga sentuhan akhirnya. Sebelum memutuskan untuk membeli furniture, kita harus mengenal terlebih dahulu terbuat dari jenis kayu apakah furniture tersebut. Secara umum, produksi furniture di Indonesia terbuat dari kayu keras seperti jati, karena jenis kayu tersebut memiliki beberapa keunggulan dari kayu yang lain.

Jenis furniture dari kayu jati merupakan pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan karakteristik dari kayu tersebut yang tahan lama dan dianggap sebagai jenis kayu yang memiliki serat dan tekstur paling indah untuk pembuatan berbagai macam jenis produk furniture. Kayu jati terbukti tahan terhadap jamur dan hama karena kandungan minyak pada jati itu sendiri. Karena tidak ada kayu lain yang memberikan kualitas dan kinerja yang sebanding dengan jati, maka sampai sekarang furniture dari jati dapat dikatakan sebagai kayu yang paling disukai oleh konsumen dari dalam dan luar negeri yang bernilai cukup mahal. Kayu jati dapat dikatakan hadir dengan keawetan, keindahan, serta kekuatan yang tak tertandingi dengan jenis kayu-kayu lain.

 photo kayu jati jepara_zpslullpy0f.jpg
Dalam pemilihan kayu jati tidak terlepas dari pemilihan pohon jatinya.  Pohon yang bergaris lingkar besar, berbatang lurus, sedikit cabangnya dan berumur lebih daripada 80 tahun adalah jenis pohon jati yang paling baik. Karakteristik kayu jati yang tidak mudah berubah bentuk atas perubahan cuaca, banyak digunakan orang sebagai bahan lainnya, seperti: bantalan rel, jembatan, serta kapal. Namun karena kayu jati saat ini harganya melambung tinggi, maka lebih sering digunakan untuk furniture. Dengan permukaan yang halus, serta tekstur yang indah dari warna kayunya, jati saat ini digolongkan sebagai kayu mewah. Maka tidak heran jika jati saat ini banyak diolah menjadi mebel interior (indoor furniture), mebel taman (garden furniture), kerajinan, dan lain - lain.

Bagi beberapa orang yang mengetahui kualitas suatu kayu, furniture yang terbuat dari kayu jati dapat menjadi pilihan yang cerdas, karena jenis kayu ini merupakan kayu yang memiliki kualitas tinggi, yang juga terbukti tahan terhadap hama serangga ataupun hama kayu. Selain terdapat beberapa keunggulan, jenis kayu jati setelah diberi perlakuan khusus untuk mengurangi kadar air dapat dibentuk menjadi furniture berkualitas baik dan bertahan lebih lama.

 photo mebel jati_zpsm6qbl5gi.jpg
Kayu jati yang tergolong kayu yang kuat dan keras ini jika dipotong dan diolah termasuk mudah, sehingga disukai para pengrajin dalam pembuatan furniture. Pengamplasan yang halus pada kayu yang memiliki permukaan yang licin dan berminyak ini dapat menjadikan pola-pola lingkaran tahun / serat kayu jati akan nampak lebih jelas, sehingga menghasilkan penampilan yang indah. Bahkan produk yang menggunakan kayu jati ini sudah dapat dijual dalam keadaan unfinished karena produk ini sudah memiliki penampilan yang sangat menarik. Hal menarik lainnya adalah kandungan minyak di dalam kayu jati tersebut akan semakin banyak seiring bertambah usia dimana semakin tua usia kayu jati, semakin baik pula kualitasnya.

Meskipun zaman semakin berkembang dan maju, namun keberadaan kayu jati tidak dapat digantikan. Seperti yang kita ketahui bermacam bahan furniture telah dihadirkan yang dinilai lebih elegan dan mewah pada penggunaan pintu yang berbahan besi atau alumunium. Namun, dalam hal seni kayu jati memiliki nilai estetika yang lebih dari bahan apapun.

 

Artikel Terkait